Pola Tumpukan Kardus yang Baik

Tahukah Anda? Penyusunan kardus di atas palet maupun penyusunan kardus secara vertikal harus memperhitungkan tatanan yang rapi agar memiliki daya tahan yang lebih baik.

Penyusunan kardus secara vertikal haruslah selalu diusahakan untuk selalu membentuk garis lurus yang menjulang tinggi. Mengapa demikian? Hal ini difungsikan untuk memaksimalkan kegunaan dari flute atau bagian gelombang pada kardus. Apabila tidak lurus, maka tumpukan kardus tersebut tidak saling bertumpu dengan baik pada kolom yang ada di bawahnya. Akibatnya, kardus lebih cepat rusak dan resiko tumpukan untuk roboh semakin besar.

Selain itu, juga sering ditemukan pada cara penyusunan tumpukan kardus yang dikenal dengan istilah interlock. Cara ini menyerupai penyusunan batu bata yang mana setiap bagiannya akan membentuk kuncian dengan harapan akan memberikan kekuatan pada tumpukan. Hanya saja, tumpukan interlock ini justru tidak memberikan kekuatan lebih pada tumpukan. Mengapa demikian? Tumpukan interlock ini tidak memaksimalkan kegunaan flute atau gelombang pada kardus untuk saling menopang satu sama lain. Hal ini mengakibatkan kekuatan dari tumpukan akan berkurang.

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam menentukan tumpukan yakni jenis-jenis flute yang digunakan pada kardus Anda. Setiap jenis flute memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Seperti Paboxin yang menawarkan kardus dengan flute B, C, dan E, serta flute kombinasi EB dan BC.

Posted in
Open chat