Plastik Ramah Lingkungan atau Kardus?

Bisnis memiliki banyak pilihan untuk material kemasan yang akan digunakan. Mulai dari material kertas hingga bermaterial plastik. Hanya saja, manakah yang lebih baik digunakan? Berikut akan dijelaskan beberapa hal yang dapat dipertimbangkan mengenai penggunaan kemasan bermaterial kardus atau corrugated box dengan kemasan plastik yang mudah di daur ulang.

Kemasan kardus (corrugated box):

  • Terbuat dari kayu pohon, suatu sumber daya yang terbarukan pada hutan yang dijaga berkelanjutan. Dapat pula terbuat dari hasil daur ulang kertas bekas pakai.
  • Ketika digunakan, kardus dapat didaur ulang hingga 7-10 kali proses daur ulang untuk dijadikan kardus kembali atau kertas lainnya.
  • Corrugated box berbobot ringan dan dapat mengurangi biaya kirim.

Kemasan plastik yang mudah di daur ulang:

  • Kemasan plastik ini terbuat dari sumber daya fosil yang tidak terbarukan.
  • Lebih berat hingga empat kali berat kardus, sehingga dapat menambah biaya kirim dan penyimpanan.
  • Penggunaan yang berlebih material plastik dapat merusak lingkungan sehingga tidak memenuhi standar lingkungan yang sehat.

Pada intinya, pemilihan material utama kemasan produk Anda haruslah disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Hal ini dikarenakan kemasan merupakan refleksi pertama kualitas produk Anda. Hanya saja, apabila Anda mempertimbangkan untuk menggunakan kemasan berbahan kardus (corrugated box), konsultasikan dengan pakar kemasan kardus yang terbaik, seperti Paboxin. Paboxin merupakan pabrik kardus yang berpengalaman dalam industri kemasan kardus.

Posted in
Open chat
Powered by