Keuntungan Pemanfaatan Kardus

Pernahkah Anda berpikir bahwa mengapa banyak sekali orang memanfaatkan kardus sebagai salah satu kemasan solutif bagi produk-produk mereka? Kardus memang banyak sekali dimanfaatkan untuk kemasan, tentu bukan tanpa alasan. Kardus sering kali ditemukan untuk digunakan sebagai kemasan itu sendiri, dapat pula digunakan untuk media penyimpanan arsip, hingga digunakan sebagai pembungkus untuk pengiriman barang.

Pemanfaatan yang bermacam-macam tersebut dilandasi oleh keuntungan yang diusung oleh kemasan berbahan kardus itu sendiri, yakni:

  • Beratnya yang terbilang ringan
  • Mudah sekali untuk didaur ulang
  • Biaya yang murah untuk penyimpanannya
  • Serta sangat serba guna untuk pemanfaatan setelahnya

Berat yang terbilang ringan ini sering kali juga menjadi pertimbangan bagi orang-orang dalam memanfaatkan kemasan kardus. Tentu saja, berat yang ringan tersebut akan memudahkan orang-orang ketika membutuhkan kemasan yang ramah ketika bermobilisasi. Dari sisi produsen akan sangat mudah dalam melakukan penyimpanan, serta dari sisi konsumen akan sangat mudah untuk membawa produk dan pemanfaatan setelahnya.

Manfaat lain yang dapat diperoleh ketika menggunakan kardus adalah manfaat ergonomisnya. Kardus yang memiliki bagian bergelombang (flute) berfungsi sebagai bantalan antara produk di dalam kardus dengan benturan di luarnya. Bantalan ini nantinya akan meminimalisir resiko kerusakan barang di dalamnya. Hal ini membuat kardus menjadi pilihan yang baik untuk dijadikan kemasan produk Anda.

Terlebih lagi, kardus atau bahasa kerennya, corrugated box, sudah mulai dilirik oleh banyak kalangan. Hal ini dikarenakan kardus dapat terurai atau didaur ulang dengan mudah. Isu perbaikan lingkungan yang dewasa ini mulai menjadi fokus utama setiap produsen dan konsumen menjadi wadah tersendiri bagi pemanfaatan kardus sebagai kemasan yang ramah lingkungan.

Posted in